Jasa Pembuatan SOP Perusahaan | Jasa Penyusunan SOP Perusahaan
Jasa Pembuatan Standard Operating Procedure-SOP
- Pada saat ini masih banyak Perusahaan yang beroperasi tanpa didukung
dengan sebuah SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure,
Prosedur Kerja perusahan. Mereka lebih banyak beroperasi berdasarkan
kebiasaan apa yang sudah mereka jalankan bertahun-tahun dan akhirnya
menjadi sebuah kebiasaan/ budaya perusahaan tersebut. Tidak hanya
terbatas dengan perusahaan dengan skala kecil, perusahaan skala menengah
dan besar pun masih ada yang belum memiliki Standard Operational yang
baku dan dibakukan pula. Pada umumnya juga perusahaan dengan tipe
seperti ini semua system yang ada dan berlaku disana ada dan dicatat
dimasing-masing kepala para key person, dimana para key person mungkin
sudah bekerja lama untuk perusahaan ini.
Hampir seluruh perusahaan menyadari arti penting dari SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja. Secara umum fungsi SOP perusahaan, bukan hanya sebagai alat control tapi juga sebagai alat untuk menjaga konsistensi dari kualitas output perusahaan. SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja harus mampu menjadi alur bagi jalanya perusahaan (how to do) dan bukan sebagai pengalang atau penghambat system manajemen perusahaan. Oleh karena itu SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja tidak bisa sembarangan karena harus dilihat tingkat fleksibilitas dan control perusahaan. Untuk Konsultasi SOP atau sistem prosedur, Kami mendesing sop berdasakan kebutuhan dari perusahaan dan jenis perusahaan. oleh karena itu SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja di masing-masing perusahaan akan sangat berbeda dan sangat tailor made.
Pembuatan SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja di bidang usaha manufacture atau jasa akan berbeda bahkan SOP di perusahaan dengan industry yang sama bisa saja memiliki SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerjayang berbeda. Hal ini bisa dipengaruhi karena budaya kerja, system kerja, jumlah karyawan dan banyak factor lainnnya.
Umumnya perusahaan memiliki divisi untuk masing-masing SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja sebagai berikut :
Departemen HRD & GA
Departemen Finance & Accounting
Departemen Marketing
Departemen Purchasing (logistic)
Departemen Produksi
Departemen Operasional
Suatu perusahaan bisa saja memiliki SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja yang terlalu menggelembung dan banyak. Hal ini akan berakibat negative bagi perusahaan dan karyawan disebabkan besarnya SOP akan membengkaknya organisasi. Padahal dalam sisi lain perusahaan ingin adanya efisiensi dan efektivitas.
Hampir seluruh perusahaan menyadari arti penting dari SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja. Secara umum fungsi SOP perusahaan, bukan hanya sebagai alat control tapi juga sebagai alat untuk menjaga konsistensi dari kualitas output perusahaan. SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja harus mampu menjadi alur bagi jalanya perusahaan (how to do) dan bukan sebagai pengalang atau penghambat system manajemen perusahaan. Oleh karena itu SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja tidak bisa sembarangan karena harus dilihat tingkat fleksibilitas dan control perusahaan. Untuk Konsultasi SOP atau sistem prosedur, Kami mendesing sop berdasakan kebutuhan dari perusahaan dan jenis perusahaan. oleh karena itu SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja di masing-masing perusahaan akan sangat berbeda dan sangat tailor made.
Pembuatan SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja di bidang usaha manufacture atau jasa akan berbeda bahkan SOP di perusahaan dengan industry yang sama bisa saja memiliki SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerjayang berbeda. Hal ini bisa dipengaruhi karena budaya kerja, system kerja, jumlah karyawan dan banyak factor lainnnya.
Umumnya perusahaan memiliki divisi untuk masing-masing SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja sebagai berikut :
Departemen HRD & GA
Departemen Finance & Accounting
Departemen Marketing
Departemen Purchasing (logistic)
Departemen Produksi
Departemen Operasional
Suatu perusahaan bisa saja memiliki SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja yang terlalu menggelembung dan banyak. Hal ini akan berakibat negative bagi perusahaan dan karyawan disebabkan besarnya SOP akan membengkaknya organisasi. Padahal dalam sisi lain perusahaan ingin adanya efisiensi dan efektivitas.
Pengertian SOP Perusahaan | Standar Operasional Prosedur
Pengertian SOP Perusahaan adalah
suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan
menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.
Tujuan SOP Perusahaan
Tujuan SOP Perusahaan
- Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
- Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi
- Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
- Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
- Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi
Fungsi SOP Perusahaan
Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
Kapan SOP Perusahaan diperlukan ?
- SOP harus sudah ada sebelum suatu pekerjaan dilakukan
- SOP digunakan untuk menilai apakah pekerjaan tersebut sudah dilakukan dengan baik atau tidak
- Uji SOP sebelum dijalankan, lakukan revisi jika ada perubahan langkah kerja yang dapat mempengaruhi lingkungan kerja.
Keuntungan adanya SOP Perusahaan
- SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten
- Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan
- SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.
Dalam menjalankan operasional perusahaan, peran pegawai memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat signifikan. Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan
Contoh SOP Standar Operasional Prosedur Perusahaan
Dalam mengimplementasikan suatu Standar Operasional Prosedur (SOP) di suatu organisasi baik swasta maupun pemerintah, bentuk dan jenis SOP yang dibuat harus sesuai dengan budaya dan sistem organisasi itu sendiri. Kalau ada Contoh SOP perlu di sesuaikan kembali agar cocok dengan lingkungan organisasi kita. dikarena kan tujuan dari pembuatan SOP ini adalah untuk memudahkan dan menjelaskan proses suatu kegiatan oleh semua pihak. Menurut Stup (2001), ada beberapa bentuk dan criteria dalam pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP), yaitu :
1. Simple Steps
Prosedur yang singkat dan tidak membutuhkan banyak keputusan yang ditulis. SOP ini dianut oleh perusahaan yang memiliki pekerja tidak terlalu banyak.
2. Hierarchical Steps
Bentuknya cukup panjang lebih dari 10 langkah, tetapi tidak terlalu banyak keputusan.
3. Graphic Format
Bentuk ini sama seperti Hierarchical Steps yaitu cukup panjang lebih dari 10 langkah tetapi tidak terlalu banyak keputusan. Perbedaannya terletak dalam penyampaiannya, Graphic Format berisikan suatu grafik, gambar, diagram untuk mengilustrasikan apa yang menjadi tujuan dari suatu prosedur.
4. Flowchart
Prosedur yang memiliki banyak keputusan, dapat ditulis dalam bentuk ini. Flowchart merupakan grafik sederhana yang menjelaskan langkah-langkah dalam membuat keputusan. Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Flowchart ini yaitu pemakaian simbol-simbol dalam penjelasanya, karena simbol-simbol ini memiliki arti dan makna yang berbeda. Ada beberapa symbol-simbol dari flowchart ini yaitu :
Membengkaknya SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja lini disebabkan beberapa hal:
Tidak bagusnya konsultan atau perusahaan dalam mendesign dan mendefinisikan bisnis perusahaan
Tidak memiliki pengalaman dalam mendesign sop yang efisien dan efektif
Tidak memahami bisnis proses departemen
Tidak adanya komitmen untuk menciptakan struktur organisasi dan sop yang efisien dan efektif dari manajemen perusahaan
Dan masih banyak factor lain.
SOP-HRD Consultants adalah perusahaan konsultan dan training manajemen. Berfokus pada perkembangan bisnis pelanggan SOP-HRD Consultants memiliki beberapa divisi konsultasi dan training manajemen. Berdiri sejak tahun 2001 dan berkantor pusat di Tomang, Jakarta Barat, saat ini SOP-HRD Consultants memiliki representative office di Semarang dan Surabaya.
Kami memiliki pengalaman untuk mendesign SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerjamulai dari perusahaan manufacture, jasa, trading, engineering, retail dll dengan menggunakan standard ISO 9001.
Jasa Pembuatan SOP SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja perusahan kami mulai dari:
sistem prosedur (SOP) HRD
sistem prosedur (SOP) Akuntansi Finance
Sistem Prosedur (SOP) Operasional
sistem Prosedur (SOP) Marketing dan Sales
sistem prosedur (SOP) General Affair (GA)
Sistem Prosedur (SOP) Produksi
dll
Hal-hal positif yang dapat dirasakan dengan sudah adanya SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja diantaranya :
Adanya Standard dan prosedur yang Jelas, Perusahaan memiliki standard operasional yang baku. Dengan adanya prosedur yang jelas dan baku akan lebih lancar aktivitas karyawan semua bagian karena setiap karyawan menjalankan fungsinya masing-masing dan mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tanggungjawabnya.
Dokumen yang digunakan sudah Standard, sehingga memudahkan setiap karyawan untuk mengingatnya. Terutama bila perusahaan tersebut besar dan memiliki banyak anak perusahaan kemungkinan seorang karyawan yang dimutasi akan mudah untuk beradaptasi.
Memudahkan dalam mengontrol system ataupun mengetahui jika terjadi kebocoran di perusahaan ataupun untuk menganalisa titik lemah dari perusahaan untuk menjadi bahan koreksi kembali.
Administrasi perusahaan yang lebih rapih.
Langkah kedepannya akan mempermudah perusahaan dalam memperoleh ISO (International Organization for Standarization)
Sistem konsultasi SOP , sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja kami beri maintenance sistem dimana perusahan akan kami dampingi hingga SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja yang kami design bisa diterapkan di perusahaan dan berjalan.
Idealnya SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja ditangani oleh suatu department sendiri yang khusus menangani masalah ini atau digabung dengan audit internal. Setidaknya jika perusahaan tidak memiliki department sendiri bisa dilakukan oleh tim SOP yang bertugas menjaga sistem ini bisa berjalan sesuai dengan hal jadi standard perusahaan.
TAHAPAN PEMBUATAN SOP
Ada beberapa tahap dimana perusahaan bisa membuat SOP. Ini adalah langkah-langkah sederhana yang bisa dijalankan:
1. Pemetaan Bisnis Proses.
Pemetaan ini dilakukan di tingkat department dan perusahaan sehingga akan memudahkan hubungan antar departemen dalam perusahaan maupun hubungan dalam department itu sendiri.
2. Lakukan interview terhadap key person di departmen untuk mendapatkan informasi yang lengkap.
3. Pembuatan Design SOP. Bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan konsultan
4. Implementasi SOP. SOP yang sudah dibuat diimplementasikan di masing-masing department kemudian diminta feed back untuk melihat efektivitas dari SOP yang dibuat.
5. Review SOP. Hasil dari implementasi SOP kemudian di review ulang untuk mendapatkan SOP yang pas untuk perusahaan. Ingat masing-masing perusahaan pasti akan berbeda SOP nya meski dalam industri yang sama.
Keberhasilan penerapan SOP sangat tergantung dari Komitment manajemen dan karyawan untuk menjalankan SOP yang sudah diberi pelatihan tentang SOP Perusahaan.
SOP Perusahaan adalah Standard Operating Procedure atau sering disingkat dengan S.O.P merupakan suatu rangkaian tertulis mengenai suatu proses bisnis dari suatu aktivitas bisnis pada perusahaan.
Dengan melakukan S.O.P, perusahaan dapat memastikan suatu aktivitas bisnis bisa berjalan sesuai dengan standard yang diharapkan.
Standard Operating Procedure (S.O.P) diperlukan untuk menghasilkan system yang berkualitas, teknis yang konsisten dan mempertahankan kualitas kontrol serta menjaga proses bisnis tetap berjalan.
Design S.O.P yang salah atau tidak tepat bisa menyebabkan proses bisnis di internal perusahaan menjadi kacau dan tidak berkembang. Oleh karena itu design S.O.P harus bisa dijalankan sedemikian rupa, jelas serta detail sehingga individu/sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di dalamnya juga bisa mengetahui bagaimana menjalankan suatu prosedur kerja.
Saat ini masih ada beberapa perusahaan yang beroperasi tanpa didukung dengan sebuah sistem yang baku. Operasional perusahaan lebih banyak didasarkan pada kebiasaan yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun. Karyawan bekerja dengan cara mengikuti kebiasaan para karyawan sebelumnya. Hasilnya dapat dilihat apabila seorang karyawan yang memegang suatu pekerjaan tertentu mendadak tidak masuk kerja, maka tidak ada karyawan yang menggantikannya karena tidak mengetahui proses kerja. Tentu saja hal ini akan sangat menghambat operasional perusahaan, maka diperlukan adanya berbagai tahapan standar yang dibakukan dan menjadi sistem baku dalam perusahaan. Sistem tersebut yang kemudian dikenal sebagai sistem standar operasional (Standard Operating Procedures / SOP).
SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu organisasi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis (Rudi M Tambunan)
Untuk siapa SOP Perusahaan dibuat ?
Idealnya pembuatan SOP ditangani oleh Departemen tersendiri karena SOP harus selalu direview atas sistem yang sudah ada serta perlu adanya pengembangan atas sistem tersebut. Departemen tersendiri yang menangani SOP tersebut ditujukan untuk menjamin independensi yang mementingkan sisi perusahaan dan internal kontrol serta mampu menjadi mediator antar departemen agar operasional perusahaan dapat berjalan lancar. Secara ideal SOP disusun oleh satu tim yang terdiri dari Penulis SOP (author), Pelaksana di lapangan (employee), Pengawas lapangan (supervisor), Atasan pengawas (manager).
Pengertian Efektif dan Efisien (Drucker)
Efektif : mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat
Efisien : mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat
SOP yang efektif adalah SOP yang mencerminkan upaya pencapaian tujuan, dalam menjalankan misi Organisasi, untuk mewujudkan Visi
Memenuhi kriteria manual SOP
Memahami Hambatan-hambatan dalam penyusunan dan implementasi SOP
Format SOP Perusahaan
Nama Modul
Tujuan
Ruang lingkup
Referensi/Pedoman
Sarana
Prosedur kerja
Flowchart : menggambarkan sebuah algoritma yang terstruktur dan mudah dipahami oleh orang lain. Diagram alir ini akan menunjukkan alur di dalam program secara logis, dibutuhkan sebagai alat komunikasi dan dokumentasi, digambarkan dengan orientasi dari atas ke bawah. Setiap kegiatan dalam diagram alir dinyatakan secara eksplisit, dimulai dari satu Start dan berakhir pada satu atau lebih Terminal/ Akhir serta menggunakan penguhubung (Connector) dengan label untuk menunjukkan keterhubungan antar path terputus/terpotong: misalnya ganti halaman.
Apa saja yang perlu disiapkan dalam proses pembuatan sebuah SOP ? Tahapan umum yang harus diperhatikan dalam pembuatan SOP, yaitu :
Support dari semua departemen, karena SOP umumnya melibatkan banyak aktivitas lintas Departemen, maka seharusnya setiap Kepala Departemen menmberikan support penerapan SOP tersebut di Departemen masing-masing, memberikan pengarahan dan instruksi kepada bawahannya untuk pengaplikasian SOP.
Komitmen pimpinan perusahaan, karena SOP ini produk bersama yang disusun melibatkan seluruh lapisan golongan dalam perusahaan dan disetujui oleh para pimpinan perusahaan maka komitmen para pimpinan di perusahaan untuk tetap menjaga kelangsungan SOP sangatlah penting dan menjadi kunci utama keberhasilan penerapan SOP. SOP dibuat untuk dijalankan bersama dan tidak ada perlakukan spesial untuk karyawan tertentu dalam pelaksanaannya. Bila terdapat pengecualian maka akan dimasukan dalam hal pengecualian yang diatur pula pelaksanaanya dalam SOP.
Lebih jelas mengetahui peran dan posisi masing-masing di internal perusahaan.
Memberikan kejelasan mengenai prosedur kerja, dan tanggung jawab dalam proses terkait.
Memberikan keterangan mengenai keterkaitan dengan satu proses kerja dengan proses kerja.
Meminimalisir kesalahan dalam melakukan pekerjaan.
Membantu dalam melakukan evaluasi terhadap setiap proses operasional perusahaan.
Contoh Flowchart Sederhana Standard Operating Procedure (SOP), Sehingga apabila di aplikasikan ke dalam sebuah perusahaan/pabrik/bisnis Anda bisa membuat flowchart S.O.P sederhana seperti contoh dibawah ini. Paling terpenting adalah design S.O.P idealnya bisa dilakukan dan tidak menjadi beban bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di dalamnya namun mampu memberikan sistem yang bisa membuat perusahaan tetap berjalan dengan baik.
Semoga artikel dari kami tentang “Pengertian Dan Manfaat Standard Operating Procedure (S.O.P)” dapat bermanfaat bagi Anda dan apabila Anda membutuhkan konsultasi untuk perusahaan atau bisnis Anda, silahkan langsung hubungi kami melalui email info@bisnisukm.id
Pengertian SOP | Standar Operasional Prosedur
Dengan melakukan S.O.P, perusahaan dapat memastikan suatu aktivitas bisnis bisa berjalan sesuai dengan standard yang diharapkan.
Standard Operating Procedure (S.O.P) diperlukan untuk menghasilkan system yang berkualitas, teknis yang konsisten dan mempertahankan kualitas kontrol serta menjaga proses bisnis tetap berjalan.
Design S.O.P yang salah atau tidak tepat bisa menyebabkan proses bisnis di internal perusahaan menjadi kacau dan tidak berkembang. Oleh karena itu design S.O.P harus bisa dijalankan sedemikian rupa, jelas serta detail sehingga individu/sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di dalamnya juga bisa mengetahui bagaimana menjalankan suatu prosedur kerja.
SOP Perusahaan |
Saat ini masih ada beberapa perusahaan yang beroperasi tanpa didukung dengan sebuah sistem yang baku. Operasional perusahaan lebih banyak didasarkan pada kebiasaan yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun. Karyawan bekerja dengan cara mengikuti kebiasaan para karyawan sebelumnya. Hasilnya dapat dilihat apabila seorang karyawan yang memegang suatu pekerjaan tertentu mendadak tidak masuk kerja, maka tidak ada karyawan yang menggantikannya karena tidak mengetahui proses kerja. Tentu saja hal ini akan sangat menghambat operasional perusahaan, maka diperlukan adanya berbagai tahapan standar yang dibakukan dan menjadi sistem baku dalam perusahaan. Sistem tersebut yang kemudian dikenal sebagai sistem standar operasional (Standard Operating Procedures / SOP).
Pengertian SOP Perusahaan
Definisi SOP Perusahaan
Standard Operational Procedures is detailed, writtem instruction to achieve uniformity of the performance of a specific function (International Conference on Harmonisation / ICH)).SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu organisasi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis (Rudi M Tambunan)
- Suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
- SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.
- SOP adalah satu set perintah kerja atau langkah-langkah yang harus diikuti untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan berpedoman pada tujuan yang harus dicapai.
Tujuan Pembuatan SOP Perusahaan
- Agar karyawan dapat menjaga konsistensi dan tingkat kinerjanya atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
- Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
- Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari karyawan.
- Melindungi organisasi/unit kerja dan karyawan dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
- Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi
Fungsi SOP Perusahaan
- Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
- Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
- Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
- Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
- Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
Kapan SOP Perusahaan itu dibuat ?
- Sebelum suatu pekerjaan dilakukan, SOP harus sudah ada.
- Digunakan untuk menilai apakah pekerjaan tersebut sudah dilakukan dengan baik atau tidak .
- Saat pengujian SOP sebelum dijalankan (1-2 bulan trial).
- Jika ada perubahan langkah kerja, misal adanya mesin baru, peralatan baru, tambahan pekerja, lokasi berbeda, dan semua yang mempengaruhi lingkungan kerja.
Keuntungan menggunakan SOP Perusahaan
- Aturan main dalam perusahaan menjadi lebih jelas karena perusahaan memiliki acuan operasional yang baku.
- SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana sebagai alat komunikasi dan pengawasan terhadap pekerjaan agar dapat dilaksanakan secara efisien dan konsisten.
- Aktivitas operasional akan lebih lancar karena setiap karyawan menjalankan fungsinya masing-masing dan mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tanggungjawabnya
- Dokumen yang digunakan sudah standar, sehingga memudahkan setiap karyawan untuk mengingatnya. Terutama bila perusahaan tersebut besar dan memiliki banyak anak perusahaan kemungkinan seorang karyawan yang dimutasi akan mudah untuk beradaptasi (bisa menjadi salah satu alat training).
- Image perusahaan akan meningkat karena rapi secara administrasi.
- Langkah kedepannya akan mempermudah perusahaan dalam memperoleh ISO (International Organization for Standarization)
Jenis-jenis SOP Perusahaan
- Sederhana, dengan langkah – langkah yang ringkas dan hanya memerlukan sedikit keputusan
- Hirarki, dengan langkah-langkah yang rinci, panjang, konsisten
- Flowchart berisi banyak keputusan-keputusan atau pertimbangan-pertimbangan
Bentuk SOP Perusahaan
- Dokumen tertulis
- Diagram atau alur kerja (flow chart)
Untuk siapa SOP Perusahaan dibuat ?
- SOP menjadi pedoman bagi para pelaksana pekerjaan dalam hal ini karyawan perusahaan dari level terbawah hingga manager. SOP akan berbeda untuk pekerjaan yang dilakukan secara sendirian, pekerjaan yang dilakukan secara tim dan untuk pengawasan pekerjaan tersebut.
- Manager menggunakan SOP untuk memastikan agar setiap orang mengikuti langkah-langkah yg sama setiap kali menjalankan prosedur.
Siapa pembuat SOP Perusahaan?
Idealnya pembuatan SOP ditangani oleh Departemen tersendiri karena SOP harus selalu direview atas sistem yang sudah ada serta perlu adanya pengembangan atas sistem tersebut. Departemen tersendiri yang menangani SOP tersebut ditujukan untuk menjamin independensi yang mementingkan sisi perusahaan dan internal kontrol serta mampu menjadi mediator antar departemen agar operasional perusahaan dapat berjalan lancar. Secara ideal SOP disusun oleh satu tim yang terdiri dari Penulis SOP (author), Pelaksana di lapangan (employee), Pengawas lapangan (supervisor), Atasan pengawas (manager).
Prosedur dan Langkah Pembuatan SOP Perusahaan
- Setiap perusahaan terdiri dari beberapa sistem seperti production, purchasing, marketing, sales and distribution, human resources, accounting, finance dll. Keberhasilan suatu perusahaan dipengaruhi oleh seberapa jauh seluruh sistem tersebut dapat berjalan dan bekerjasama.
- Setiap sistem disusun atas beberapa Prosedur Kerja, misalnya prosedur penerimaan barang dari supplier, prosedur penyimpanan barang di gudang, prosedur pengawasan produksi dan lain – lain.
- Langkah-langkah adalah kegiatan terkecil yang menyusun sebuah prosedur. Dalam pelaksanaannya, langkah-langkah tersebut merupakan tempat terjadinya variasi kegiatan antara pelaksana yang berbeda jika prosedur tidak dibakukan.
Cara Menyusun SOP Perusahaan Secara Efektif dan Efisien
Pengertian Efektif dan Efisien (Drucker)
Efektif : mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat
Efisien : mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat
SOP yang efektif adalah SOP yang mencerminkan upaya pencapaian tujuan, dalam menjalankan misi Organisasi, untuk mewujudkan Visi
Memenuhi kriteria manual SOP
Memahami Hambatan-hambatan dalam penyusunan dan implementasi SOP
Kriteria Manual SOP Perusahaan
- Spesifik, yaitu penyusunan SOP harus khas dan detail, sesuai dengan kebutuhan organisasiPenyusunan SOP harus dilakukan observasi terhadap organisasi secara rinci dan lengkap, mengenai: Struktur Organisasi, struktur pengambilan keputusan, lingkup dan cakupan bisnis atau aktivitas organisasi, kekhasan operasional, kekhususan administratif, dan peraturan-peraturan yang mengikat.
- Lengkap prosedur tertentu dan lengkap untuk prosedur yang dibutuhkan.
- Jelas dan mudah dipahami, dapat dicerna dengan baik, Tidak menimbulkan banyak tafsiran.
- Layak Terap (Applicable), dapat diaplikasikan dengan baik terutama karena ada dukungan manajemen dan budaya organisasi.
- Controllable, dapat dipahami oleh organisasi dan semua unsur organisasi.
- Layak Audit
- Layak Ubah (Changeable and flexible), mampu mengantisipasi perubahan (bisnis atau aktivitas) dan perubahan lingkungan organisasi.
Pembuatan SOP Perusahaan
- Selalu bayangkan siapa pengguna SOP
- Sebelum mulai menulis, putuskan apa tujuan dari prosedur tsb
- Gunakan prinsip “Ceritakan apa yang akan Anda ceritakan, kemudian ceritakan”
- Buatlah sebuah panduan sebelum menulis SO (buat daftar topik yg harus dibicarakan, kemudian kelompokkan)
- Jelas dan ringkas: hindari kalimat yg panjang
- Komplit: semua informasi penting yg digunakan untuk menjalankan kegiatan
- Obyektif: berisikan fakta, bukan pendapat
- Koheren: menunjukan alur dan urutan langkah utk menjalankan kegiatan
- Mulailah dgn kata kerja dan hindari kalimat pasif
- Buat draft terlebih dahulu
- Koreksi draft setelah 24 jam. Perhatikan apa dikatakan oleh setiap kalimat, kemudian perbaiki
- Perhatikan kebosanan Anda sendiri ketika membuat SOP. Jika Anda merasa bosan, maka hal yg sama akan dirasakan oleh pembaca
Prinsip Dalam Pembuatan SOP Perusahaan
- Panjang vs Pendek
- Jelas vs Tidak Jelas
- Bertelete – tele vs Ringkas
Tingkat Rincian SOP Perusahaan
- Prosedur harus berisi semua langkah yg penting yg harus dijalankan dgn seragam oleh semua karyawan. Hilangnya salah satu langkah penting akan menyebabkan terjadinya variasi dalam menjalankan prosedur.
- Prosedur tidak mungkin dibuat sedemikian detil sehingga semua pertanyaan karyawan dapat terjawab.
- Prosedur tidak untuk menggantikan training dan feedback, oleh karena itu pembuat SOP tidak harus berusaha menjawab semua pertanyaan yg mungkin akan muncul.
Format SOP Perusahaan
Nama Modul
Tujuan
Ruang lingkup
Referensi/Pedoman
Sarana
Prosedur kerja
Flowchart : menggambarkan sebuah algoritma yang terstruktur dan mudah dipahami oleh orang lain. Diagram alir ini akan menunjukkan alur di dalam program secara logis, dibutuhkan sebagai alat komunikasi dan dokumentasi, digambarkan dengan orientasi dari atas ke bawah. Setiap kegiatan dalam diagram alir dinyatakan secara eksplisit, dimulai dari satu Start dan berakhir pada satu atau lebih Terminal/ Akhir serta menggunakan penguhubung (Connector) dengan label untuk menunjukkan keterhubungan antar path terputus/terpotong: misalnya ganti halaman.
Simbol – Simbol Diagram Alir SOP Perusahaan
Tahapan Pembuatan SOP Perusahaan
Apa saja yang perlu disiapkan dalam proses pembuatan sebuah SOP ? Tahapan umum yang harus diperhatikan dalam pembuatan SOP, yaitu :
- Bisnis Usaha yaitu mempelajari dahulu apa bisnis usaha perusahaan yang akan kita buat SOP. Cari informasi sejelas dan selengkap mungkin.
- Survei yaitu melakukan survei lokasi yang akan disiapkan sistemnya, melakukan juga interview bila diperlukan.
- Buat daftar kebutuhan yaitu membuat daftar dari semua peralatan, hardware dan software (bila ada) dan kebutuhan lainnya yang diperlukan.
- Menghitung biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap kemungkinan sistem yang akan dijalankan.
- Pilih sistem terbaik yang akan dikembangkan. Pemilihan dilakukan atas semua pertimbangan yang ada dari team pembuat SOP sendiri dan diputuskan oleh pimpinan perusahaan.
- Buat draft SOP yaitumenyiapkan dan menyusun draft SOP, lakukan pembahasan dengan team SOP, lakukan presentasi bila diperlukan. Penyiapan draft ini didalamnya berisikan isi manual SOP seperti yang sudah dibahas diatas, termasuk testing (trial and error).
- Memintakan persetujuan SOP yang dibuat sebelum diaplikasikan
Hambatan Dalam Penyusunan SOP Perusahaan
- Hambatan Organisasional, misal seperti aspek dari gaya manajemen, fleksibilitas organisasi, jumlah lapisan jabatan/panjangnya birokrasi, Jumlah rentang kendali jabatan, pola komunikasi dalam organisasi, kualitas SDM, dan Budaya Organisasi.
- Hambatan Operasional, yaitu karaktersitik operasional mencakup Jenis kegiatan, ciri-ciri produk atau jasa, Budaya Masyarakat, Kemapanan Operasional; Keterikatan terhadap peraturan pemerintah, dan Ukuran Operasional mencakup Kontrol Internal untuk Organisasi besar dan operasional yang luas yang berbeda standar.
- Hambatan Manajerial, misalnya Visi, Misi, dan strategi organisasi, Dukungan Manajerial, Pengawasan Manajerial yaitu perubahan bisnis atau lingkungan bisnis; dan tekanan Manajerial.
- Hambatan Personal, misal tidak memiliki kemampuan dalam mengikuti perubahan, tidak memiliki motivasi, dan memiliki kepentingan pribadi
Implementasi SOP Perusaan
SOP yang sudah mendapat persetujuan dapat diterapkan dengan memberikan arahan kepada pelaksana bagaimana mengimplementasikan sistem tersebut. Pelaksaan implementasi ini perlu didampingi oleh Team pembuat SOP.Review SOP Perusahaan
Sebuah SOP baru yang sudah dilakukan proses implementasinya perlu untuk direview minimal 1 (satu) tahun atau kurang, setelah SOP tersebut diimplementasikan. Hal ini penting sekali mengingat sistem yang baru dicoba terkadang menimbulkan permasalahan baru yang tidak diprediksi sebelumnya dan harus cepat diselesaikan agar tidak menggangu operasional dari perusahaan. Selanjutnya review dapat dilakukan berkala sesuai kebutuhan perusahaan.Kesuksesan Penerapan SOP
Kesuksesan perusahaan dalam mengaplikasian SOP dipengaruhi oleh beberapa aspek, meliputi :Support dari semua departemen, karena SOP umumnya melibatkan banyak aktivitas lintas Departemen, maka seharusnya setiap Kepala Departemen menmberikan support penerapan SOP tersebut di Departemen masing-masing, memberikan pengarahan dan instruksi kepada bawahannya untuk pengaplikasian SOP.
Komitmen pimpinan perusahaan, karena SOP ini produk bersama yang disusun melibatkan seluruh lapisan golongan dalam perusahaan dan disetujui oleh para pimpinan perusahaan maka komitmen para pimpinan di perusahaan untuk tetap menjaga kelangsungan SOP sangatlah penting dan menjadi kunci utama keberhasilan penerapan SOP. SOP dibuat untuk dijalankan bersama dan tidak ada perlakukan spesial untuk karyawan tertentu dalam pelaksanaannya. Bila terdapat pengecualian maka akan dimasukan dalam hal pengecualian yang diatur pula pelaksanaanya dalam SOP.
Contoh SOP Perusahaan
Manfaat dan peran penting Standard Operating Procedure (S.O.P) adalah:
Dapat menjaga konsistensi dalam menjalankan suatu prosedur kerja.Lebih jelas mengetahui peran dan posisi masing-masing di internal perusahaan.
Memberikan kejelasan mengenai prosedur kerja, dan tanggung jawab dalam proses terkait.
Memberikan keterangan mengenai keterkaitan dengan satu proses kerja dengan proses kerja.
Meminimalisir kesalahan dalam melakukan pekerjaan.
Membantu dalam melakukan evaluasi terhadap setiap proses operasional perusahaan.
Cara mudah membuat Standard Operating Procedure untuk perusahaan atau bisnis Anda:
- Melakukan observasi atau pemetaan terhadap proses kerja yang sudah berjalan atau akan berjalan.
- Melakukan benchmarking bila diperlukan dengan perusahan sejenis.
- Mendesign S.O.P sesuai dengan hasil observasi dan hasil referensi untuk menambah ketajaman dari design S.O.P.
- Melakukan analisa terhadap design S.O.P yang sudah dibuat untuk diimplementasikan.
- Melakukan review terhadap procedure yang dibuat agar S.O.P yang sudah dibuat bisa dijalankan tanpa ada hambatan.
Contoh Flowchart Sederhana Standard Operating Procedure (SOP)
Contoh flowchart sederhana dalam membuat Standard Operating Procedure (S.O.P) |
Contoh Flowchart Sederhana Standard Operating Procedure (SOP), Sehingga apabila di aplikasikan ke dalam sebuah perusahaan/pabrik/bisnis Anda bisa membuat flowchart S.O.P sederhana seperti contoh dibawah ini. Paling terpenting adalah design S.O.P idealnya bisa dilakukan dan tidak menjadi beban bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di dalamnya namun mampu memberikan sistem yang bisa membuat perusahaan tetap berjalan dengan baik.
Semoga artikel dari kami tentang “Pengertian Dan Manfaat Standard Operating Procedure (S.O.P)” dapat bermanfaat bagi Anda dan apabila Anda membutuhkan konsultasi untuk perusahaan atau bisnis Anda, silahkan langsung hubungi kami melalui email info@bisnisukm.id
Pengertian SOP | Standar Operasional Prosedur
Contoh
SOP Perusahaan Percetakan merupakan topik artikel yang banyak di cari
oleh HRD Perusahaan, dalam pembuatan sop pada perusahaan percetakan
adalah suatu upaya yang baik dan efektif untuk mengatur semua kinerja
dan kegiatan yang ada di dalam perusahaan tersebut. Namun diperlukan
contoh sop perusahaan percetakan yang efektif agar bisa mengatur semua
sistem managemen perusahaan denagn baik, rapi dan terarah. Sop ini akan
dijadikan panduan untuk seluruh pegawai yang ada di perusahaan
percetakan. Dengan adanya sop, perusahaan percetakan tidak akan
mengalami kesalahan dalam memproduksi hasil cetak, proses cetak yang
dihasilkan juga akan lebih berkualitas dan dana yang dikeuarkan untuk
pembiayai perusahaan percetakan juga tertata dengan rinci. Karena banyak
perusahaan percetakan yang bangkrut meniadakan sop untuk menjadi
pedoman utama.
Dengan adanya sop maka perusahaan percetakan akan lebih memberikan dampak yang baik untuk sistem cetak hasil yang berkualitas dan kemajuan perusahaan percetakan yang efektif dan cepat. Selain itu, contoh sop perusahaan percetakan penting untuk digunakan agar nanti bisa mengatur semua sistem dan kinerja yang ada di perusahaan dengan baik dan benar. Tujuan untuk pembuatan sop pada perusahaan percetakan ini untuk mencegah terjadinya suatu kesalahan yang akan timbul pada setiap bidang yang bekerja di dalamnya. Seperti, bidang produksi, keuangan dan marketing. Hal ini perlu diberikan sop yang berbeda-beda dengan sistem yang professional. Percuma jika perusahaan percetakan memiliki dana yang besar dan mesin cetak yang berkualitas tinggi namun sistem yang ada di dalamnya hancur dan keropos. Maka yang dihasilkan hanya kebangkrutan dan kemunduran perusahaan.
Contoh sop perusahaan percetakan ini meliputi banyak hal, diantaranya setiap pegawai yang ada disuatu bidang bisa bekerja dengan baik dan profesional sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sistem kerja yang telah ditentukan perusahaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu sebelum melangkah ke pekerjaan yang lain. Pembuatan sop juga berkaitan dengan sistem pemasaran yang diberikan kepada klien yang bersangkutan. Dengan adanya sop maka sistem pelayanannya memasukan dan mengutamakan semua keinginan klien. Selain itu, sop juga mengatur peralatan cetak untuk dijaga dan dirawat setiap hartanya. Mengecek setiap minggu pada mesin cetak bagian dalamnya agar tidak mengalami masalah ketika akan menggunakannya. Selain itu, membuat laporan-laporan yang disesuaikan pada setiap bidang.
Itulah contoh sop perusahaan percetakan yang harus dilakukan dengan baik dan benar serta terperinci. Mungkin penjelasan di atas belum begitu lengkap namun sudah memberikan spesifikasi yang tepat untuk pembuatan sop perusahaan percetakan. Karena saat ini perusahaan percetakan bisa berjalan dengan efektif sesuai modal dan pegawai yang ada di dalamnya. Sop sebagai pendukung untuk meningkatkan kualitas produksi dan kualitas pekerja agar mengarahkan perusahaan percetakan lebih maju dan berkembang. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik dalam pembuatan sop dan sesuaikan sop dengan sistem dan management yang sudah berjalan di perusahaan percetakan agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan menguntungkan pada perusahaan.
Sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengadakan suatu acara dengan menggunakan perusahaan event organizer ini. Perkembangan yang dihasilkan dari perusahaan ini tidak luput dari pembuatan contoh sop perusahaan event organizer yang mengatur seluruh peraturan dan sistem pelaksanaan kinerja yang dilakukan pada setiap bidang yang ada di perusahaan ini. Terutama pegawai yang memegang bidang pengadaan barang dan fasilitas yang akan digunakan. Hal ini harus lebih selektif dalam penerapan sopnya karena berkaitan langsung pada sistem pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang akan mengadakan suatu acara. Berikan fisilitas yang lengkap dengan kualitas terjamin dan terpercaya.
Dengan diterapkannya contoh sop perusahaan event organizer maka nanti kinerja yang diberikan untuk setiap bidang mengubah perusahaan event organizer ini lebih maju dan berkembang. Karena sistem pelayanan yang diberikan kepada masyarakat atau konsumen yang menggunakan jasanya sangat memuaskan bahkan melebihi permintaan dari konsumen. Standart pelayanan disesuaikan dengan sop yang sudah dibuat dengan rinci dan efektif. Hal ini penting untuk mendapatkan pelanggan dari perusahaan jasa ini dan mendapatkan kepuasan tersendiri mengenai pelayanan yang diberikan oleh perusahaan event organizer ini. Sop ini berguna untuk perkembangan dan kemajuan serta memberikan pelayanan yang memuaskan bagi kalangan masyarakat yang menggunakanya jasa ini.
Dengan adanya contoh sop perusahaan event organizer maka nanti akan memberikan dampak positif tentang perusahaan yang bergelut di bidang jasa ini kepada masyarakat. Jika salah satu masyarakat mendapatkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan event organizer ini, maka masyarakat akan menyebarluaskan sistem kinerja dan pelayanan kepada orang lain sehingga memberikan hasil yang menguntungkan bagi peruashaan. Maka dari itu, dalam pembuatan sop untuk perusahaan event organizer ini harus professional dan bisa diterima oleh masyarakat dan mengutamakan kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, pembuatan sop harus diterapkan secara efektif kapada setiap bidang yang ada di dalam perusahaan dan dilaksanakan bersama-sama disesuaikan dengan kemampuan bidang tersebut. Sehingga nanti mendapatkan banyak keuntungan berkembangnya perusahaan event organizer di masa mendatang.
Dalam penerapan contoh sop perusahaan perdagangan yang selanjutnya adalah tempat perusahaan. Sebaiknya pilih satu tempat yang strategis dan bisa dijangkau oleh masyarakat dan transportasi umum. Hal ini sangat berpengaruh untuk kemajuan perusahaan perdagangan. Jika nanti mendapatkan tempat yang terpencil, sebaiknya gunakan sistem promosi yang strategis dengan jenis dan harga yang jauh lebih terjangkau. Sehingga banyak pelanggan yang berdatangan. Keempat, sistem promosi dari perusahaan pedagangan yang dilaksanakan oleh bidang marketing dan pemasaran. Atur sistem promosi yang profesional dan efektif agar mendapatkan banyak konsumen dan barang yang ditawarkan terjual habis. Sistem promosi yang bijaksana adalah sistem yang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan jenis barang yang ada di perusahaan perdagangan. Gunakan strategis diskon, potong harga dan fasilitas tambahkan yang membuat peruashaan perdagangan berkembang.
Kemudian yang terakhir tentang penerapan contoh sop perusahaan perdagangan adalah sistem pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Untuk sistem pelayanan sebaiknya utamakan konsumen atau pelanggan. Berikan kesan terbaik dengan mengenalkan semua jenis barang yang diinginkan dan memberikan solusi terbaik bagi konsumen dal;m hal pemilihan barang. Berikan kepuasan bagi konsumen atau pelanggan dengan sikap dan perilaku yang ramah dan sopan serta menjawab semua pertanyaan dan keinginan konsumen. Unsur-unsru di atas akan mempengaruhi pembuatan sop perusahaan perdagangan dengan susunan yang rapi dan mendapatkan keuntungan. Mulai dari keuntungan dari hasil penjualan dan keuntungan berkembangnya perusahaan perdagangan yang efektif.
Contoh SOP Perusahaan Pembiayaan
Pada suatu perusahaan sop adalah kunci utama untuk berkembangnya perusahaan. Sop harus diterapkan kepada seluruh bidang yang ada di dalam perusahaan tersebut agar nanti mendapatkan hasil yang memuaskan dan membuat perusahaan semakin maju. Salah satunya di bidang pembiayaan harus menggunakan contoh sop perusahaan pembiayaan yang sistematis. Bidang satu ini mencakup semua sop yang sedeng diterapkan disuatu perusahaan. Pembiayaan adalah faktor utama berjalannya sop yang ada di perusahaan. Tanpa pembiayaan maka perusahaan akan berhenti dan tidak bisa mengembangkan semua sistem yang sudah ditargetkan.
Untuk itu, gunakan contoh sop perusahaan pembiayaan dengan penerapan yang bijaksana. Mulai dari pembiayaan pegawai yang dibagi merata dan disesuaikan dengan jabatannya. Lakukan pembiayaan yang sesuai dengan standart dari tempat atau daerah perusahaan tersebut berada. Berikan bonus atau pembiayaan tambahan jika ada salah satu pegawai yang memberikan kontroibusi terbaik untuk berkembangnya perusahaan. Pembiayaan untuk bahan produksi di perushaan. Gunakan sistem pembiyaan yang terperinci untuk bahan yang akan digunakan sebagai hasil produksi. Buat laporan yang sistematis agar nanti setiap pembiayaan yang keluar bisa dilaporkan secara mendetail tanpa ada kendala atau masalah yang menghambat suatu pembiayaan di bidang produksi ini. Salain itu, pembiayaan pembelian alat produksi harus disesuaikan dengan budget yang ada pada perusahaan. Jika nanti kekurangan, maka harus dibagi dan diatur sebaik mungkin agar mendapatkan alat produksi yang berkualitas. Bisa juga mencari dana dari perusahaan lain dengan mengadakan kerjasama yang bertujuan untuk kemajuan perusahaan.
Bidang pemasaran juga perlu contoh sop perusahaan pembiayaan yang efektif agar bisa menjalankan pemasaran dengan baik dan lancar serta mendapatkan banyak pelanggan yang akan menjadi partner setia untuk perusahaan. Pembiayaan bidang pemasaran tidak terlalu banyak namun harsu lebih diatur. Jangan sampai melupakan pembiayaan untuk perawatan peralatan produksi. Perawatan ini akan mempengaruhi hasil produksi. Maka dari itu, berikan pembiayaan yang besar namun harus diatur dengan bijaksana untuk bidang perawatan peralatan perusahaan agar memberikan hasil produksi yang terbaik dan bekualitas. Untuk itu, perlu dipelajari lebih lanjut agar setiap pembiayaan yang ada bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kekurangan. Gunakan sistem keamanan agar pembiayaan yang berjalan tidak ada permasalahan.
Contoh sop perusahaan pembiayaan yang diterapkan di setiap bidang yang tersebar di perusahaan. Hindari untuk membatasi pembiayaan yang ada di perusahaan namun selektif untuk menerapkan pembiayaan. Sebaiknya dirampingkan setiap pembiayaan. Selain itu, perlu tim pengawasan yang ketat dalam penerapan pembiayaan agar nanti tidak terjadi kesalahan dan manipulasi pembiayaan yang hanya mengada-ada. Hal ini penting untuk diperhatikan agar perusahaan berjalan dengan lancar dan memberikan sistem kemajuan dan perkembangan yang efektif dan sistematis. Untuk itu, gunakan sop dalam setiap sistem yang berjalan di perusahaan dan di setiap bidang agar pembiayaan bisa berjalan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
Contoh SOP Perusahaan Produksi, Kali ini akan membahas tentang contoh sop perusahaan produksi yang mengatur berbagai macam perusahaan yang bergelut di bidang produksi untuk mendapatkan bahan untuk pembuatan barang atau produksi yang berkualitas dan hasil produksi yang berkompeten. Tujuan perusahaan produksi hanya untuk memberikan kepuasan bagi konsumen atau pelanggannya dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas hasil produksi melalui proses jual-beli dan tawar-menawar dengan konsumen atau pelanggan. Setidaknya pada tujuan di perusahaan produksi ini memiliki berbagai macam sistem operasional prosedur yan baik dan terarah. Untuk sistem yang diterapkan pada pembuatan contoh sop perusahaan produksi melipati berbagai macam bidang yang ada. Tujuannya hanya untuk kemajuan perusahaan produksi dan mengarahkan perusahaan menjadi lebih baik. Mulai dari bidang marketing yang akan memasarkan hasil produksi dengan sistem promosi yang professional dan bisa diterima oleh seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan hasil produksi tersebut. Kemudian bidang teknik dan service yang akan memberikan perawatan dan penjagaan mengenai semua peralatan dan barang yang ada di perusahaan produksi. Setiap satu minggu sekali diadakannya pembersihan dan perbaikan peralatan produksi agar tidak mengalami hambatan dan kendala ketika dijalankan untuk menghasilkan barang produksi. Selain itu, di bidang pengadaan hasil produksi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan banyak pelanggan dan klien yang selalu mengambil dan membeli hasil produksi yang baik dan benar.
Dengan adanya pembuatan contoh sop perusahaan produksi yang diterapkan oleh seluruh karyawan yang ada di perusahaan produksi tersebut, maka membuat sistem peningkatan dalam kinerja dan performa di perusahaan. Namun untuk pembuatan sop itu sendiri harus bisa difahami oleh seluruh karyawan yang ada di perushaan agar nanti setiap karyawan yang ada di setiap bidang dapat melaksanakan semua tugas yang telah diatur dengan hasil yang baik dan sempurna. Di dalam pembuatan sop ini akan diberikan target khusus bagi seluruh karyawan untuk keefektifan dan perkembangan perusahaan produksi. Hal ini perlu diprehatikan lebih lanjut agar nanti bisa dijalan dengan baik dan benar serta tidak sampai melanggar semua peraturan yang sudah ditetapkan perusahaan produksi. Untuk pembuatan sop dalam perusahaan produksi sebaiknya carilah banyak informasi tentang contoh sop perusahaan produksi yang efektif dan memiliki peraturan yang ketat dan memberikan kinerja yang professional. Semua peraturan sekiranya membuat perusahaan produksi bisa berkembang dengan baik dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Mulai dari karyawan yang bekerja dan hasil produksi yang diberikan untuk konsumen dan pelanggan. Jangan sampai melupakan bidang pemasaran dan marketing yang menjadi kunci utama perusahaan produksi dapat berkembang dengan pesat dan baik. Maka dari itu, pembuatan sop untuk setiap perusahaan dalam bidang apapun adalah hal yang penting dan menjadi patokan serta pedoman untuk mendapatkan perkembangan yang sistematis. Tanpa sop maka perusahaan yang berjalan mengalami kendala dan masalah yang tidak memiliki solusi terbaik.
Apakah Contoh SOP Perusahaan Percetakan Banyak Di Cari?
Dengan adanya sop maka perusahaan percetakan akan lebih memberikan dampak yang baik untuk sistem cetak hasil yang berkualitas dan kemajuan perusahaan percetakan yang efektif dan cepat. Selain itu, contoh sop perusahaan percetakan penting untuk digunakan agar nanti bisa mengatur semua sistem dan kinerja yang ada di perusahaan dengan baik dan benar. Tujuan untuk pembuatan sop pada perusahaan percetakan ini untuk mencegah terjadinya suatu kesalahan yang akan timbul pada setiap bidang yang bekerja di dalamnya. Seperti, bidang produksi, keuangan dan marketing. Hal ini perlu diberikan sop yang berbeda-beda dengan sistem yang professional. Percuma jika perusahaan percetakan memiliki dana yang besar dan mesin cetak yang berkualitas tinggi namun sistem yang ada di dalamnya hancur dan keropos. Maka yang dihasilkan hanya kebangkrutan dan kemunduran perusahaan.
Contoh sop perusahaan percetakan ini meliputi banyak hal, diantaranya setiap pegawai yang ada disuatu bidang bisa bekerja dengan baik dan profesional sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sistem kerja yang telah ditentukan perusahaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu sebelum melangkah ke pekerjaan yang lain. Pembuatan sop juga berkaitan dengan sistem pemasaran yang diberikan kepada klien yang bersangkutan. Dengan adanya sop maka sistem pelayanannya memasukan dan mengutamakan semua keinginan klien. Selain itu, sop juga mengatur peralatan cetak untuk dijaga dan dirawat setiap hartanya. Mengecek setiap minggu pada mesin cetak bagian dalamnya agar tidak mengalami masalah ketika akan menggunakannya. Selain itu, membuat laporan-laporan yang disesuaikan pada setiap bidang.
Itulah contoh sop perusahaan percetakan yang harus dilakukan dengan baik dan benar serta terperinci. Mungkin penjelasan di atas belum begitu lengkap namun sudah memberikan spesifikasi yang tepat untuk pembuatan sop perusahaan percetakan. Karena saat ini perusahaan percetakan bisa berjalan dengan efektif sesuai modal dan pegawai yang ada di dalamnya. Sop sebagai pendukung untuk meningkatkan kualitas produksi dan kualitas pekerja agar mengarahkan perusahaan percetakan lebih maju dan berkembang. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik dalam pembuatan sop dan sesuaikan sop dengan sistem dan management yang sudah berjalan di perusahaan percetakan agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan menguntungkan pada perusahaan.
Contoh SOP Perusahaan Event Organizer
Perusahaan event organizer merupakan salah satu jenis perusahaan yang bergelut pada bidang jasa yang menyediakan fasilitas untuk melaksanakan suatu acara. Seperti, seminar, training, pameran, workshop dan masih banyak yang lainnya. Untuk menjalankan perusahaan event organizer ini dibutuhkan contoh sop perusahaan event organizer yang efektif dan professional untuk menjalankan semua peraturan dan tugas sesuai dengan target. Dengan adanya sop, perusahaan event organizer memberikan sistem pelayanan kepada masyarakat yang sedang mengadakan suatu acara tertentu. Tidak perlu mempersiapkan berbagai macam peralatan dalam jangka waktu yang lama. Perusahaan event organizer ini memberikan peralatan dan fasilitas yang lengkap yang bisa dilaksanakan dalam hitungan jam sudah bisa melaksanakan acara yang dilaksanakan oleh masyarakat.Sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengadakan suatu acara dengan menggunakan perusahaan event organizer ini. Perkembangan yang dihasilkan dari perusahaan ini tidak luput dari pembuatan contoh sop perusahaan event organizer yang mengatur seluruh peraturan dan sistem pelaksanaan kinerja yang dilakukan pada setiap bidang yang ada di perusahaan ini. Terutama pegawai yang memegang bidang pengadaan barang dan fasilitas yang akan digunakan. Hal ini harus lebih selektif dalam penerapan sopnya karena berkaitan langsung pada sistem pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang akan mengadakan suatu acara. Berikan fisilitas yang lengkap dengan kualitas terjamin dan terpercaya.
Dengan diterapkannya contoh sop perusahaan event organizer maka nanti kinerja yang diberikan untuk setiap bidang mengubah perusahaan event organizer ini lebih maju dan berkembang. Karena sistem pelayanan yang diberikan kepada masyarakat atau konsumen yang menggunakan jasanya sangat memuaskan bahkan melebihi permintaan dari konsumen. Standart pelayanan disesuaikan dengan sop yang sudah dibuat dengan rinci dan efektif. Hal ini penting untuk mendapatkan pelanggan dari perusahaan jasa ini dan mendapatkan kepuasan tersendiri mengenai pelayanan yang diberikan oleh perusahaan event organizer ini. Sop ini berguna untuk perkembangan dan kemajuan serta memberikan pelayanan yang memuaskan bagi kalangan masyarakat yang menggunakanya jasa ini.
Dengan adanya contoh sop perusahaan event organizer maka nanti akan memberikan dampak positif tentang perusahaan yang bergelut di bidang jasa ini kepada masyarakat. Jika salah satu masyarakat mendapatkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan event organizer ini, maka masyarakat akan menyebarluaskan sistem kinerja dan pelayanan kepada orang lain sehingga memberikan hasil yang menguntungkan bagi peruashaan. Maka dari itu, dalam pembuatan sop untuk perusahaan event organizer ini harus professional dan bisa diterima oleh masyarakat dan mengutamakan kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, pembuatan sop harus diterapkan secara efektif kapada setiap bidang yang ada di dalam perusahaan dan dilaksanakan bersama-sama disesuaikan dengan kemampuan bidang tersebut. Sehingga nanti mendapatkan banyak keuntungan berkembangnya perusahaan event organizer di masa mendatang.
Contoh SOP Perusahaan Perdagangan
Dalam menjalankan usaha atau perusahaan yang berkaitan erat dengan sistem perdagangan dibutuhkan contoh sop perusahaan perdagangan yang tersusun rapi dan terarah untuk menentukan tujuan utama bagaimana perusahaan perdagangan bisa berkembang dan mengalami kemajuan. Namun dalam hal pembuatan sop harus mengetahui terlebih dahulu sistem dan perjalanan perusahaan perdagangan sebelumnya agar nanti semua peraturan yang dibuat sesuai dengan peraturan sebelumnya dan ditambah dengan peraturan untuk mengembangkan perusahaan perdagangan. Hal ini perlu diperhatikan lebih teliti untuk pembuatan sop. Sop buana hanya peraturan dan sistem kinerja yang harus dilakukan namuan konsep yang dirancang secara khusus untuk mengembangkan suatu perusahaan secara sistematis. Untuk menggunakan contoh sop perusahaan perdagangan harus memperhatikan tentang unsur yang akan membangun pembuatan sop dalam dunia perdagangan. Pertama, jenis barang dagangan yang memiliki kualitas terbaik dan sesuai dengan standart perusahaan perdagangan. Untuk jenis barang sebaiknya satu tema. Misalnya, perusahaan dagang baju. Berarti jenis barang yang ditawarkan seputar baju dan pendukungnya. Untuk kualitas sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan yang terpenting adalah kepuasan konsumen terhadap barangnya. Kedua, harga barang di perusahaan perdagangan. Harga akan mempengaruhi perkembangan perusahaan. Berikan harga yang miring diantara perusahaan yang lain. Walaupun nanti mendapatkan hasil keuntungan yang sedikit namun konsumen yang datang banyak sehingag jenis barang cepat habis. Ini juag menguntungkan dan lebih mudah untuk berkembang.Dalam penerapan contoh sop perusahaan perdagangan yang selanjutnya adalah tempat perusahaan. Sebaiknya pilih satu tempat yang strategis dan bisa dijangkau oleh masyarakat dan transportasi umum. Hal ini sangat berpengaruh untuk kemajuan perusahaan perdagangan. Jika nanti mendapatkan tempat yang terpencil, sebaiknya gunakan sistem promosi yang strategis dengan jenis dan harga yang jauh lebih terjangkau. Sehingga banyak pelanggan yang berdatangan. Keempat, sistem promosi dari perusahaan pedagangan yang dilaksanakan oleh bidang marketing dan pemasaran. Atur sistem promosi yang profesional dan efektif agar mendapatkan banyak konsumen dan barang yang ditawarkan terjual habis. Sistem promosi yang bijaksana adalah sistem yang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan jenis barang yang ada di perusahaan perdagangan. Gunakan strategis diskon, potong harga dan fasilitas tambahkan yang membuat peruashaan perdagangan berkembang.
Kemudian yang terakhir tentang penerapan contoh sop perusahaan perdagangan adalah sistem pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Untuk sistem pelayanan sebaiknya utamakan konsumen atau pelanggan. Berikan kesan terbaik dengan mengenalkan semua jenis barang yang diinginkan dan memberikan solusi terbaik bagi konsumen dal;m hal pemilihan barang. Berikan kepuasan bagi konsumen atau pelanggan dengan sikap dan perilaku yang ramah dan sopan serta menjawab semua pertanyaan dan keinginan konsumen. Unsur-unsru di atas akan mempengaruhi pembuatan sop perusahaan perdagangan dengan susunan yang rapi dan mendapatkan keuntungan. Mulai dari keuntungan dari hasil penjualan dan keuntungan berkembangnya perusahaan perdagangan yang efektif.
Contoh SOP Perusahaan Pembiayaan
Pada suatu perusahaan sop adalah kunci utama untuk berkembangnya perusahaan. Sop harus diterapkan kepada seluruh bidang yang ada di dalam perusahaan tersebut agar nanti mendapatkan hasil yang memuaskan dan membuat perusahaan semakin maju. Salah satunya di bidang pembiayaan harus menggunakan contoh sop perusahaan pembiayaan yang sistematis. Bidang satu ini mencakup semua sop yang sedeng diterapkan disuatu perusahaan. Pembiayaan adalah faktor utama berjalannya sop yang ada di perusahaan. Tanpa pembiayaan maka perusahaan akan berhenti dan tidak bisa mengembangkan semua sistem yang sudah ditargetkan.
Untuk itu, gunakan contoh sop perusahaan pembiayaan dengan penerapan yang bijaksana. Mulai dari pembiayaan pegawai yang dibagi merata dan disesuaikan dengan jabatannya. Lakukan pembiayaan yang sesuai dengan standart dari tempat atau daerah perusahaan tersebut berada. Berikan bonus atau pembiayaan tambahan jika ada salah satu pegawai yang memberikan kontroibusi terbaik untuk berkembangnya perusahaan. Pembiayaan untuk bahan produksi di perushaan. Gunakan sistem pembiyaan yang terperinci untuk bahan yang akan digunakan sebagai hasil produksi. Buat laporan yang sistematis agar nanti setiap pembiayaan yang keluar bisa dilaporkan secara mendetail tanpa ada kendala atau masalah yang menghambat suatu pembiayaan di bidang produksi ini. Salain itu, pembiayaan pembelian alat produksi harus disesuaikan dengan budget yang ada pada perusahaan. Jika nanti kekurangan, maka harus dibagi dan diatur sebaik mungkin agar mendapatkan alat produksi yang berkualitas. Bisa juga mencari dana dari perusahaan lain dengan mengadakan kerjasama yang bertujuan untuk kemajuan perusahaan.
Bidang pemasaran juga perlu contoh sop perusahaan pembiayaan yang efektif agar bisa menjalankan pemasaran dengan baik dan lancar serta mendapatkan banyak pelanggan yang akan menjadi partner setia untuk perusahaan. Pembiayaan bidang pemasaran tidak terlalu banyak namun harsu lebih diatur. Jangan sampai melupakan pembiayaan untuk perawatan peralatan produksi. Perawatan ini akan mempengaruhi hasil produksi. Maka dari itu, berikan pembiayaan yang besar namun harus diatur dengan bijaksana untuk bidang perawatan peralatan perusahaan agar memberikan hasil produksi yang terbaik dan bekualitas. Untuk itu, perlu dipelajari lebih lanjut agar setiap pembiayaan yang ada bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kekurangan. Gunakan sistem keamanan agar pembiayaan yang berjalan tidak ada permasalahan.
Contoh sop perusahaan pembiayaan yang diterapkan di setiap bidang yang tersebar di perusahaan. Hindari untuk membatasi pembiayaan yang ada di perusahaan namun selektif untuk menerapkan pembiayaan. Sebaiknya dirampingkan setiap pembiayaan. Selain itu, perlu tim pengawasan yang ketat dalam penerapan pembiayaan agar nanti tidak terjadi kesalahan dan manipulasi pembiayaan yang hanya mengada-ada. Hal ini penting untuk diperhatikan agar perusahaan berjalan dengan lancar dan memberikan sistem kemajuan dan perkembangan yang efektif dan sistematis. Untuk itu, gunakan sop dalam setiap sistem yang berjalan di perusahaan dan di setiap bidang agar pembiayaan bisa berjalan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
Contoh SOP Perusahaan Produksi
Contoh SOP Perusahaan Produksi, Kali ini akan membahas tentang contoh sop perusahaan produksi yang mengatur berbagai macam perusahaan yang bergelut di bidang produksi untuk mendapatkan bahan untuk pembuatan barang atau produksi yang berkualitas dan hasil produksi yang berkompeten. Tujuan perusahaan produksi hanya untuk memberikan kepuasan bagi konsumen atau pelanggannya dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas hasil produksi melalui proses jual-beli dan tawar-menawar dengan konsumen atau pelanggan. Setidaknya pada tujuan di perusahaan produksi ini memiliki berbagai macam sistem operasional prosedur yan baik dan terarah. Untuk sistem yang diterapkan pada pembuatan contoh sop perusahaan produksi melipati berbagai macam bidang yang ada. Tujuannya hanya untuk kemajuan perusahaan produksi dan mengarahkan perusahaan menjadi lebih baik. Mulai dari bidang marketing yang akan memasarkan hasil produksi dengan sistem promosi yang professional dan bisa diterima oleh seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan hasil produksi tersebut. Kemudian bidang teknik dan service yang akan memberikan perawatan dan penjagaan mengenai semua peralatan dan barang yang ada di perusahaan produksi. Setiap satu minggu sekali diadakannya pembersihan dan perbaikan peralatan produksi agar tidak mengalami hambatan dan kendala ketika dijalankan untuk menghasilkan barang produksi. Selain itu, di bidang pengadaan hasil produksi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan banyak pelanggan dan klien yang selalu mengambil dan membeli hasil produksi yang baik dan benar.
Dengan adanya pembuatan contoh sop perusahaan produksi yang diterapkan oleh seluruh karyawan yang ada di perusahaan produksi tersebut, maka membuat sistem peningkatan dalam kinerja dan performa di perusahaan. Namun untuk pembuatan sop itu sendiri harus bisa difahami oleh seluruh karyawan yang ada di perushaan agar nanti setiap karyawan yang ada di setiap bidang dapat melaksanakan semua tugas yang telah diatur dengan hasil yang baik dan sempurna. Di dalam pembuatan sop ini akan diberikan target khusus bagi seluruh karyawan untuk keefektifan dan perkembangan perusahaan produksi. Hal ini perlu diprehatikan lebih lanjut agar nanti bisa dijalan dengan baik dan benar serta tidak sampai melanggar semua peraturan yang sudah ditetapkan perusahaan produksi. Untuk pembuatan sop dalam perusahaan produksi sebaiknya carilah banyak informasi tentang contoh sop perusahaan produksi yang efektif dan memiliki peraturan yang ketat dan memberikan kinerja yang professional. Semua peraturan sekiranya membuat perusahaan produksi bisa berkembang dengan baik dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Mulai dari karyawan yang bekerja dan hasil produksi yang diberikan untuk konsumen dan pelanggan. Jangan sampai melupakan bidang pemasaran dan marketing yang menjadi kunci utama perusahaan produksi dapat berkembang dengan pesat dan baik. Maka dari itu, pembuatan sop untuk setiap perusahaan dalam bidang apapun adalah hal yang penting dan menjadi patokan serta pedoman untuk mendapatkan perkembangan yang sistematis. Tanpa sop maka perusahaan yang berjalan mengalami kendala dan masalah yang tidak memiliki solusi terbaik.
Posting Komentar